MERAIH MIMPI DENGAN PROFESI PUSTAKAWAN

MERAIH MIMPI DENGAN PROFESI PUSTAKAWAN




  Juli Purnawati 
 Universitas Sumatera Utara
 Prolog 



Tahun ini, kali kedua saya mengikuti Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Universitas yang di selenggarakan oleh Ristekdikti melalui Universitas Sumatera Utara dimana saya bekerja. Sebelumnya tahun 2016 saya juga turut berpartisipasi dalam lomba yang sama. Kali ini saya mengangkat tulisan dengan judul “ Utilitas Pustakawan Sebagai Agen Literasi Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 ”. Dari tiga orang peserta yang terpilih saya memperoleh peringkat dua. Bagi saya menulis adalah hal yang sangat menantang, karena menulis membutuhkan kesabaran, ide dan yang paling utama keinginan untuk memulai. Terasa berat sekali diawal-awal ketika saya berada didepan komputer dan mencari ide tentang tema tulisan apa yang akan saya angkat. Awal saya berkarier di Perpustakaan Univesritas Sumatera Utara dimulai pada tahun 2006. Dimana status saya masih menjadi mahasiswa program ekstensi jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Budaya (dahulunya Fakultas Sastra). Ketika itu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara sedang berbenah membuka perpustakaan Cab. Fakultas Hukum. Salah satu Ketua Tim nya adalah Pak Irham yang berpatner dengan Pak Pahrizal Halomoan (alm). Kebetulan juga Pak Pahrizal merupakan salah teman satu kelas saya dalam perkuliahan. 

Allah membukakan jalan kepada saya untuk memulai mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh dibangku kuliah dan langsung mengaplikasikan di dunia kerja. Perjuangan yang berat memang harus kuliah sekaligus bekerja, dimana teman-teman saya umumnya hanya pokus pada perkuliahan saja. Segera saja saya tepis rasa itu, pesan kedua orang tua saya “ harus syukur karena belum tentu orang lain mendapatkan kesempatan yang sama seperti yang kamu dapat sekarang, bekerjalah dengan tulus, ikhlas dan terutama kejujuran yang utama”. Kepala Perpustakaan Univeristas Sumatera Utara kala itu dijabat oleh Bapak Ridwan Siregar M. Lib yang juga sangat besar perperan dalam perjalanan karier saya. Selain pimpinan di tempat saya bekerja beliau juga Kepala Program Studi, sekaligus dosen saya ketika kuliah. Sekali waktu dalam kelas ketika perkuliahan berlangsung beliau mengadakan obrolan dengan kami para mahasiswanya. Obrolan berjalan ringan, dimulai dari menyebutkan nama, sudah bekerja dimana???, dan motivasi memilih jurusan Ilmu Perpustakaan. Jawaban kami beragam, tetapi yang paling menginspitasi saya adalah figur Pak Ridwan yang humbel untuk seorang lulusan S2 dari luar negeri. Bagi saya beliaulah salah satu sosok yang mulai membangun image apa itu pustakawan, bagaiman perpustakaan di era digital. Karena sebelumnya wawasan saya sangat terbatas tentang dunia perpustakaan. Hari-hari saya mulai jalani kuliah sampai bekerja sampai tahun 2008 saya memperoleh gelar sarjana. Pencapaian yang sangat luar biasa, karena saya berasal dari keluarga sederhana. Mungkin bagi sebagian orang itu hal yang biasa saja tetapi bagi saya hal istimewa. Ketika bercerita kepada orang tua gaji yang saya peroleh saya pergunakan untuk bayar SPP. Ada rasa bangga dan penuh syukur ketika mampu meringankan beban pengeluaran kedua orang tua. Gaji pertama saya membawa ibu saya traveling ke kota Jogjakarta. Seiring berjalannya waktu Perpustakaan Univeristas membuka perpustakan cabang berikutnya.

Perpustakaan cabang fakultas kesehatan masyarakat mulai dibuka pada tahun 2009, mulai tahun tahun 2010 saya ditugaskan disana. Nah, disini saya mulai meng upgrade pengetahuan saya dibidang yang baru mengenai disiplin ilmu, koleksi jurnal yang berkaitan dengan ilmu kesehatan masyarakat. Jika sebelumnya di fakultas hukum displin ilmu berkaitan dengan undang-undang, hukum , peraturan, perjanjian dan jurnal hukum ada di Westlaw. Sedangkan untuk bidang ilmu kesehatan masyarakat biasanya berkaitan dengan penyakit, perilaku, gizi, epidemiologi dan jurnal yang berkaitan dengan disiplin ilmu kesehatan masyarakat ada di Proquest. Pustakawan Saling Menginspirasi Pengalaman saya bertugas di perpustakaan cabang fakultas kesehatan masyarakat selama 10 tahun sangat berkesan. Semangat belajar dan kegigihan mahasiswa yang tinggi menularkan virus menulis kepada saya. Mahasiswa di FKM rajin mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (Q.S 13:11). Allah akan mengubah nasib ketika kita berusaha maksimal untuk mewujudkan keinginan kita. Berusaha mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, karena rizki dan pertolongan Allah datang dari tempat yang tidak kita duga-duga. Inspirasi bisa datang dari mana saja, karena dunia kerja saya di perpustakaan perguruan tinggi maka inspirasi yang saya peroleh tidak jauh-jauh dari dunia kampus. Mahasiswa-mahasiswa yang cerdas, kreatif, berwawasan luas, serta inovatif membuat saya semangat dalam menulis. Salah satu sosok mahasiswa yang menularka virus menulis pada saya adalah Muhammad Rizal mahasiswa ilmu kesehatan masyarakat angkatan 2013. Pengalaman organisasinya sudah tidak diragukan lagi. Bayaknya karya tulis ilmiah yang sudah diikuti dan dimenangkan juga waw. 

Mari berbagi, 3 hal yang menjadi sebuah formula bagi kita seorang pembelajar yaitu : 
1. Learn 
2. Apply and 
3.Share 


 Daftar Pustaka

 Karya tulis ilmiah sosial : menyiapkan, menulis, dan mencermatinya , Penyunting Winarto, Yunita T;Suhardiyanto, Totok;Choesin, Ezra M . 2004. Yayasan Majelis Taklim HDH. 







 Juli Purnawati; Lahir di Pematang Siantar salah satu kota di Sumatera Utara, 10 juli 1985. Menempuh pendidikan dari SDN 106833 di Tanjung Morawa, menyelesaikan SLTP YP. Nur Azizi di Tanjung Morawa. Menyelesaikan SMAN 2 di Lubuk Pakam. Menyelesaikan Pendidakan Program Studi D-3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Fakultas Sastra USU Medan, tahun 2006. Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan , Fakultas Sastra USU tahun 2008. Saat ini berkarir di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara sejak tahun 2006. Menikah dengan Maulana Sakti Lubis. Anak pertama bernama Ufairah Gendis Lubis dan anak kedua Aisyah Afiqah Lubis. Meraih Pustakawan Berprestasi terbaik II di Tingkat Universitas Sumatera Utara pada tahun 2016 dan tahun 2018. Penulis dapat dihubungi melalui Telp (WA)/email : 081375065337/juli.purnawati@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MARHABAN YA RAMADHAN 1440 HIJRIAH

Malam Ke Sepuluh Ramadahan

Bulan Penuh Berkah